6 Fakta Unik Tentang Eropa yang Mungkin Tidak Anda Percaya

Eropa telah berkembang menjadi konfederasi 27 negara berdasarkan aturan hukum yang disepakati oleh negara-negara anggotanya, membuat sejarah perkembangannya sangat menarik.

Uni Eropa adalah persatuan politik dan ekonomi unik dari 27 negara demokrasi yang bertujuan untuk memastikan perdamaian, kemakmuran, dan kebebasan di dunia yang lebih adil dan aman. Uni Eropa dibentuk setelah Perang Dunia II. Seiring waktu, ia telah berkembang menjadi organisasi supranasional antar pemerintah yang menggabungkan berbagai bidang kebijakan kerjasama, termasuk perlindungan lingkungan, kesehatan, keadilan, keamanan, migrasi, hubungan eksternal, dan perubahan iklim. Walau terdapat hampir 500 juta warga yang tinggal di sana, Uni Eropa tetap menjadi organisasi antar pemerintah yang paling dikenal dan sukses dalam skala global.

Pax Romana
The Course of Empire. The Consummation of Empire by Thomas Cole

 

1. Pax Romana: Prekursor Uni Eropa?

Pax Romana, pendahulu yang jelas dari Pax Europaea saat ini, terkadang diklaim telah mengantarkan munculnya ekonomi pasar dan mobilitas tak terbatas dan merupakan sebuah karakteristik nyata dari Uni Eropa.

Pax Romana mengacu pada Perdamaian Romawi, periode Kekaisaran Romawi antara 27 SM hingga 180 M. Garis waktu 200 tahun dicirikan oleh perdamaian yang tidak biasa dan perkembangan ekonomi di seluruh Kekaisaran Romawi. Secara relatif, Pax Europeana, yang berarti Perdamaian Eropa, mengacu pada perdamaian yang dicapai melalui kerja sama negara-negara Eropa setelah Perang Dunia II. Hasil dari kerja sama tersebut adalah pembentukan organisasi antar pemerintah – Uni Eropa. Setelah berakhirnya Perang Dingin, yang juga mengakhiri ketegangan politik global yang signifikan, sifat penjaga perdamaian UE dan peningkatan ekonomi negara-negara Eropa menjadi jelas. Benih-benih UE ditanam dalam upaya berkelanjutan untuk menyatukan berbagai negara di benua Eropa, seperti yang coba dilakukan Kekaisaran Romawi bertahun-tahun sebelumnya.

Nobel Peace Prize

2. Uni Eropa sebagai Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian

Pada tahun 2012, Uni Eropa yang memiliki penduduk hampir 500 juta jiwa, dianugerahi Nobel Peace Prize untuk mendukung perdamaian, rekonsiliasi, demokrasi, kemakmuran, dan hak asasi manusia di benua Eropa selama lebih dari 60 tahun. Lebih khusus lagi, UE dianugerahi hadiah ini karena berkontribusi untuk “mengubah sebagian besar Eropa dari benua perang menjadi benua perdamaian”, seperti yang diuraikan oleh Nobel Peace Prize Committee.

Keputusan untuk menganugerahkan Hadiah Nobel kepada Uni Eropa menyoroti upaya sukses Uni Eropa untuk mendamaikan musuh selama berabad-abad, Prancis dan Jerman dengan membantu mereka membentuk rasa saling percaya. Kedua, menguraikan dukungan UE dalam memperkuat institusi dan nilai-nilai demokrasi di negara-negara demokrasi yang rapuh seperti Yunani, Spanyol, Portugal, Turki, dan Eropa Timur, terutama setelah revolusi 1989 dan konflik nasional yang menghancurkan di Balkan.

Brexit

3. Brexit Tidak Unik

Keputusan Inggris Raya untuk keluar dari Uni Eropa bukanlah pertama kalinya sebuah negara Eropa memutuskan untuk keluar dari Uni. Baik Aljazair Prancis (wilayah seberang laut Prancis Saint Pierre dan Miquelon dan Saint Barthélemy berbagi cerita yang sama) dan Greenland telah memilih untuk menarik diri dari Uni selama waktu dan keadaan yang berbeda.

Aljazair telah menjadi salah satu wilayah luar negeri Prancis yang sudah lama berdiri, menjadikannya rumah bagi banyak imigran Eropa. Namun, penduduk Muslim tetap mayoritas, dan karena kemerdekaan politik, ekonomi, dan budaya mereka yang terbatas. Muslim pribumi menuntut otonomi politik dan kemudian kemerdekaan penuh dari Prancis.

Perang Aljazair adalah puncak dari ketidakpuasan antara kedua kelompok. Terlepas dari upaya Prancis untuk menghentikan pemberontakan dengan sebagian besar cara kekerasan, Perang memberikan kemerdekaan yang ditunggu-tunggu dan referendum penentuan nasib sendiri untuk Aljazair pada tahun 1962. Namun, sebelum memperoleh kemerdekaan, Aljazair adalah bagian dari Masyarakat Ekonomi Eropa sebagai bagian integral dari Prancis: salah satu negara pendiri Komunitas Batubara dan Baja Eropa. Hak kemerdekaan dan penentuan nasib sendiri mengakibatkan mereka meninggalkan Komunitas Eropa oleh Aljazair pada tahun 1962.

Greenland bergabung dengan Masyarakat Ekonomi Eropa pada tahun 1973 sebagai wilayah otonomi Denmark. Namun, ketidakpuasan penduduk tumbuh karena kendala penangkapan ikan EC. Memancing telah menjadi sumber pendapatan utama bagi Greenland. Akibatnya, ketidakamanan atas kehilangan kendali atas hak penangkapan ikan bertindak sebagai insentif untuk mengadakan referendum pertama tentang meninggalkan EC pada tahun 1972. Namun, Greenland harus bergabung terlepas dari keputusan mayoritas penduduk Denmark. Pada tahun 1979, Greenland diberikan Home Rule Act, di mana ia memperoleh otonomi dari Denmark dan mendirikan Parlemennya sendiri. Oleh karena itu, diskusi tentang referendum baru menjadi populer sekali lagi. Hampir satu dekade kemudian, pada tahun 1982, referendum kedua diadakan. 52% dari populasi memilih untuk meninggalkan UE. Butuh tiga tahun dan lebih dari 100 pertemuan resmi untuk menyelesaikan negosiasi. Akhirnya, Greenland secara resmi meninggalkan Uni Eropa pada tahun 1985.

4. Hilang Dalam Terjemahan?

Bahasa mungkin merupakan cerminan budaya yang paling otentik, terutama di UE, yang didasarkan pada slogan “United in Diversity”. Uni Eropa memiliki 24 bahasa resmi, termasuk Malta, Yunani, Kroasia, dan Spanyol. Menurut Pasal 3 Treaty on European Union (TEU), Uni harus menghormati keragaman budaya dan bahasanya yang kaya. Pasal 165(2) Treaty on the Functioning of the EU (TFEU) menyatakan secara eksplisit bahwa “Tindakan serikat pekerja harus ditujukan untuk mengembangkan dimensi Eropa dalam pendidikan, khususnya melalui pengajaran dan penyebaran bahasa Negara-negara Anggota.”

Jadi, multibahasa, menurut undang-undang Uni Eropa, merupakan bagian integral dari nilai-nilai fundamental Eropa. Oleh karena itu, pendekatan UE adalah bahwa setiap warga negara Eropa harus belajar setidaknya dua bahasa lain selain bahasa ibu mereka. Sangat menarik untuk dicatat bahwa sekitar 51% orang Eropa mengerti bahasa Inggris.

Pada tingkat institusional, badan-badan UE yang berbeda memiliki kebijakan bahasa lainnya. Parlemen Eropa telah berkomitmen pada strategi komunikasi multibahasa, yang berarti bahwa semua dokumen harus diterjemahkan ke dalam semua bahasa resmi UE dan setiap anggota Parlemen Eropa memiliki kebebasan untuk menyajikan dalam bahasa UE yang mereka pilih. Demikian pula, baik Rumah Sejarah Eropa dan Parlamentarium (Pusat Pengunjung Parlemen Eropa) menyediakan tur dalam semua bahasa resmi UE. Sedangkan Komisi Eropa hanya menerima bahasa Inggris, Prancis, dan Jerman, Pengadilan Eropa menggunakan bahasa Prancis, dan Bank Sentral Eropa sebagian besar menggunakan bahasa Inggris.

5. Parlemen Eropa: Badan Internasional Terbesar di Dunia

Parlemen Eropa mewakili salah satu dari tiga badan legislatif Uni Eropa. Ini adalah badan antar pemerintah terbesar di dunia dengan lebih dari 700 anggota yang mewakili lebih dari 500 juta individu dari 27 negara anggota Uni Eropa dan pemilih demokratis terbesar kedua di dunia (Parlemen India adalah yang pertama). Pendahulu Parlemen Eropa adalah Majelis Umum Komunitas Batubara dan Baja Eropa. Didirikan pada tahun 1952 dan dibentuk oleh 78 anggota parlemen yang ditunjuk dari badan legislatif nasional negara-negara anggota.

Kemudian pada tahun 1958, Majelis Umum diubah namanya menjadi Majelis Parlemen Eropa dan diatur ulang untuk memiliki kursi menurut pendekatan politik daripada kebangsaan. Setelah pembentukan Komunitas Eropa pada tahun 1967, Parlemen Eropa berkembang menjadi bentuknya yang sekarang. Dimulai dengan pemilihan parlemen pertama yang diadakan pada tahun 1979, Parlemen Eropa adalah satu-satunya badan internasional di UE yang dipilih langsung oleh para anggotanya.

Karakteristik unik lain dari Parlemen adalah bahwa presiden pertama Parlemen Eropa adalah seorang wanita. Dengan adanya Parlemen Eropa, hanya 30 orang yang menjabat sebagai presiden. Hanya dua dari mereka, keduanya dari Prancis adalah perempuan. Pertama, pada tahun 1979, Simone Veil terpilih sebagai presiden pertama Parlemen Eropa. Kemudian, dari 1999 hingga 2002, Nicole Fontaine menjabat.

Meskipun revolusioner, Parlemen Eropa juga memiliki keterbatasan yang cukup besar. Itu tidak dapat memulai undang-undang baru. Para wakil, yang dipilih di negara asal mereka, dapat mendiskusikan masalah di meja dan memiliki pengaruh pada anggaran UE. Mereka juga dapat menjelaskan pertanyaan-pertanyaan tertentu kepada Dewan Menteri atau Komisi Eropa.

6. Beberapa Hukum Eropa Pada Nyata Sungguh di Luar Perkiraan

Untuk pertama kalinya pada tahun 1995, Uni Eropa memprakarsai pedoman tentang bagaimana pisang dan mentimun harus terlihat sebelum memasuki pasar dan mengarahkan petani untuk membuang yang terlalu bengkok atau tidak cukup lurus. Namun, kemudian pada tahun 2009, beberapa perubahan dilakukan pada peraturan tersebut. Arahan baru menyatakan bahwa pisang dan mentimun harus “bebas dari cacat atau kelengkungan jari yang tidak normal,” tetapi sistem klasifikasi dibuat hanya untuk tujuan keberlanjutan. Saat ini, pisang di UE diklasifikasikan menjadi tiga segmen: kelas premium, kelas satu dengan cacat bentuk kecil, dan pisang yang cacat.

Peraturan lain yang menyebabkan minat adalah bahwa negara-negara anggota UE harus mematuhi aturan khusus untuk membuang ternak yang mati. Undang-undang melarang pembuangan hewan mati di lapangan terbuka dan pemindahannya ke area tertentu yang ditentukan, atau “tempat pembuangan”. Namun, arahan yang ketat menyebabkan kerusakan signifikan di beberapa wilayah Uni. Spanyol, misalnya, mengajukan banding ke UE terhadap undang-undang ini pada tahun 2009 karena fakta bahwa burung nasar Spanyol mulai kelaparan, merusak keanekaragaman hayati negara tersebut.

Menurut peraturan UE yang diadopsi pada tahun 2010, produk makanan tidak dapat lagi dikenakan biaya berdasarkan kuantitas (misalnya, 12 butir telur atau sepuluh apel) dan sebaliknya harus diberi harga berdasarkan beratnya. Meskipun seseorang masih dapat membeli telur dalam jumlah yang berbeda, jumlah yang dibayarkan pelanggan ditentukan oleh berat telur tersebut.

Pada tahun 2011, Uni Eropa melarang produsen minuman mengiklankan bahwa air dapat mencegah dehidrasi. Berdasarkan penelitian tiga tahun, otoritas Uni Eropa memutuskan bahwa tidak ada bukti bahwa air minum membantu dalam hidrasi. Produsen air minum dalam kemasan dilarang secara hukum untuk membuat pernyataan yang disebutkan di atas, dan siapa pun yang melakukannya akan menghadapi hukuman penjara dua tahun. Keputusan itu dikutuk karena bertentangan dengan sains dan logika umum.

Kuota penangkapan ikan yang ketat berdasarkan Kebijakan Perikanan Umum adalah peraturan lain yang dianggap sulit untuk dipatuhi. Kebijakan tersebut menetapkan kuota penangkapan ikan tahunan pada ikan yang berbeda dan mengikat nelayan untuk membuang ikan ke laut yang ditangkap secara tidak sengaja atau merupakan spesies yang salah. Efek negatif dari peraturan tersebut adalah ikan mati akhirnya dibuang kembali ke perairan karena industri perikanan berusaha untuk mematuhi aturan dan kuota yang tepat untuk spesies yang dibutuhkan. Akibatnya, UE menghapus praktik kontroversial pada 2019 dan mewajibkan pelaut untuk mendaratkan ikan yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share on Social Media