5 Pemain Terbaik di 5 Liga Utama Eropa Saat Ini

Sudah melewati separuh musim kompetisi 2023/2024, ada kesamaan mencolok di antara tim-tim yang berjuang di posisi teratas di lima liga besar Eropa. Masing-masing dari mereka memiliki striker yang menguasai daftar pencetak gol terbanyak di liga mereka, walaupun ada beberapa perkecualian.

Per tanggal 18 Desember 2023, Premier League Inggris telah memasuki pekan ke-17. Persaingan sengit terjadi antara Arsenal, Liverpool, dan Aston Villa untuk memperebutkan posisi teratas, sementara Manchester City, sebagai juara bertahan, tertinggal di posisi keempat dengan gap lima poin dari Arsenal yang memimpin klasemen.

Situasi serupa terjadi di La Liga Spanyol, dengan persaingan yang intens di posisi puncak. Yang menarik, bukan Barcelona yang menjadi saingan terdekat Real Madrid, melainkan Girona yang menempel ketat di posisi kedua dengan selisih satu poin. Barcelona sendiri tertinggal di urutan ketiga, enam poin di bawah Girona.

Sementara itu, di Bundesliga Jerman, Serie A Italia, dan Ligue 1 Prancis, ada perbedaan kecil. Bayer Leverkusen menduduki puncak klasemen Bundesliga dengan keunggulan empat poin atas Bayern Munchen. Di Prancis, Paris Saint Germain memimpin dengan lima poin atas Nice, dan di Italia, Inter Milan unggul empat poin dari Juventus.

Dengan begitu banyak pertarungan di papan atas kelima liga Eropa ini, siapakah yang menjadi pencetak gol terbanyak? Apakah mereka yang berada di puncak daftar top skor juga membantu tim mereka berada di posisi teratas? Atau mereka hanya berkontribusi dalam persaingan di papan atas?

Erling Haaland

Erling Haaland (14 Gol – Premier League)

Striker muda Manchester City, Erling Haaland, telah mencetak 14 gol sampai saat ini. Ia mengungguli Mohamed Salah dari Liverpool dengan tiga gol.

Belakangan ini, Haaland harus menjalani masa pemulihan karena cedera kaki, yang diperkirakan memerlukan waktu istirahat dua hingga tiga minggu. Meski demikian, ia tetap mempertahankan performa mencetak gol yang impresif sejak musim lalu. Baca Juga: Klub Sepak Bola Teratas dengan Trofi Terbanyak Sepanjang Sejarah

Musim ini, Haaland seringkali mencetak lebih dari satu gol dalam satu pertandingan, termasuk hattrick yang ia cetak saat mengantarkan Man City menang besar atas Fulham. Namun, absennya Haaland, serta Kevin de Bruyne yang juga cedera, telah berdampak pada performa Man City. Klub ini hanya memenangkan satu dari lima pertandingan terakhirnya di Premier League.

Harry Kane

Harry Kane (20 Gol – Bundesliga)

Penyerang asal Inggris, Harry Kane, telah menunjukkan kepiawaiannya di depan gawang setelah bergabung dengan Bayern Munchen di Bundesliga. Pindah dari Tottenham Hotspur tampaknya merupakan langkah yang tepat baginya.

Sampai sekarang, dengan Bayern Munchen telah melakoni 14 pertandingan, Kane berhasil mencatatkan 20 gol. Lebih lagi, ia menjadi pemain yang paling cepat mencapai 15 gol dalam debut musimnya di Bundesliga.

Kehebatan Kane di barisan depan Bayern Munchen memang patut diacungi jempol. Raihan 20 gol ini juga merupakan hasil dari kemampuannya mengemas skor ganda dalam beberapa pertandingan.

Dalam musim ini, Kane telah mencatat hattrick dan brace dalam tiga pertandingan bersama Bayern Munchen di Bundesliga. Jika ia bisa mempertahankan performa ini, Kane berpotensi memecahkan lebih banyak rekor hingga akhir musim.

Namun, sayangnya, kecemerlangan Kane belum sepenuhnya mengubah nasib Bayern Munchen. Saat ini, tim tersebut masih tertinggal empat poin dari Bayer Leverkusen, yang memuncaki klasemen Bundesliga.

Kylian Mbappe

Kylian Mbappe (16 Gol – Ligue 1)

Striker bintang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, terus menunjukkan performa cemerlangnya dalam beberapa musim terakhir. Hingga 16 pertandingan musim ini, Mbappe telah menorehkan 16 gol, termasuk 5 gol dari titik penalti.

Mbappe mencetak 16 gol tersebut dalam 10 pertandingan, dengan catatan tiga brace dan satu hattrick. Ini membawanya ke puncak daftar pencetak gol terbanyak di Ligue 1 Prancis.

Berkat ketajamannya, Mbappe turut membantu PSG menduduki posisi teratas klasemen Ligue 1, unggul lima poin dari Nice yang berada di peringkat kedua.

Lautaro Martinez

Lautaro Martinez (15 Gol – Serie A)

Dalam kancah Serie A Liga Italia, Lautaro Martinez dari Inter Milan muncul sebagai pencetak gol terbanyak, bersaing untuk gelar capocannoniere musim ini. Kinerjanya memainkan peran penting dalam membawa Inter Milan unggul empat poin dari Juventus di klasemen.

Martinez, dengan 15 golnya, telah mengungguli Domenico Berardi, rival terdekatnya, dengan selisih enam gol di daftar top scorer. Gol-golnya ini sangat berkontribusi terhadap posisi Inter Milan yang kini menduduki puncak klasemen Serie A.

Pemain Argentina ini mencetak quattrick dalam kemenangan 4-0 atas Salernitana pada 1 Oktober 2023, menunjukkan dominasinya di lapangan. Tidak hanya itu, ia juga berhasil mencetak brace dalam dua pertandingan lain, yaitu saat melawan Monza dan Fiorentina.

Hanya 2 kali Inter Milan gagal meraih kemenangan dari semua pertandingan, dimana Martinez berhasil mencetak gol. Artinya, tim ini mencatatkan tingkat kemenangan 80% ketika Martinez berhasil mencetak gol.

Jude Bellingham

Jude Bellingham (13 Gol – La Liga)

Di La Liga Spanyol, Jude Bellingham dari Real Madrid menjadi sorotan dengan menempati puncak daftar pencetak gol terbanyak. Striker asal Inggris ini telah mengoleksi 13 gol dari 17 pertandingan yang telah dilakoni Real Madrid di La Liga.

Kontribusi Bellingham sangat signifikan, termasuk dua golnya dalam kemenangan 2-1 atas Barcelona. Kehadirannya di Real Madrid telah membawa dampak besar, dengan Bellingham memimpin sebagai pencetak gol terbanyak timnya, unggul enam gol dari rekan setimnya, Rodrygo.

Ini merupakan musim pertama Bellingham bersama Real Madrid di La Liga, dan penampilannya yang menjanjikan ini membuat banyak pihak penasaran akan pencapaian akhirnya di musim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share on Social Media